Apa
hubungan toko ritel serba ada Alfamart dengan sepakbola? Pertanyaan yang aneh? Tidak
juga. Karena, memang ada kesamaan di antara keduanya.
Pertama,
keduanya sama-sama memasyarakat, alias dikenal secara begitu luas di manapun. Bukan
hanya dikenal dengan baik oleh anggota masyarakat umum, namun orang awam seawam
apapun hingga kaum profesional seprofesional bagaimanapun di seluruh pelosok
tanah air kita semuanya terlibat aktif dan akrab dengan keduanya. Dalam hal
ini, di Indonesia, khususnya. Semua orang Indonesia dari segala lapisan pasti
pernah sedikitnya satu kali belanja di gerai Alfamart. Demikian pula, semua
orang Indonesia dari semua kalangan tanpa terkecuali tentu pernah setidaknya
satu kali bermain atau menonton sepakbola. Bahkan, tidak sedikit yang sering
atau bahkan tiap hari belanja di Alfamart. Begitu juga, banyak orang di
Indonesia ini yang juga sering atau bahkan tiap hari menonton atau bermain
sepakbola.
Kedua,
baik Alfamart maupun sepakbola hadir di seluruh penjuru Indonesia, di kota dan
juga di desa, dalam jumlah masif, banyak sekali. Di kota, terutama kota besar, paling
jauh dalam jarak 5 (lima) kilometer, pasti ada 1 (satu) toko franchise Alfamart. Sepakbola juga
seperti itu. Tiap 100 (seratus) rumah, pasti ada 1 (satu) yang di dalamnya
tengah disetel pertandingan sepakbola di layar kaca televisi. Atau, dalam
radius 5 (lima) kilometer, kita pasti bisa menjumpai ada saja anak-anak atau
orang dewasa yang sedang memainkan bola.
Ketiga,
sepakbola dan Alfamart sama-sama bersifat egaliter. Menyatukan semua perbedaan,
meniadakan semua batas, menghilangkan semua strata. Dalam permainan sepakbola,
tidak ada ningrat dan kawula, tidak ada bangsawan dan jelata, tidak ada elit
dan awam. Semua manusia mesti menghablur dalam kesamaan dan kebersamaan ketika
bermain dan menonton olahraga yang satu ini. Kalau tidak, maka orang tersebut
pasti akan mundur sendiri dari sepakbola. Begitu juga dalam Alfamart. Tidak ada
gengsi dan malu, tak ada kesombongan dan keminderan, semua orang ingin membeli
barang kebutuhan sehari-hari di tempat yang mudah dijangkau dari tempat tinggal
atau tempat aktivitas, di mana tempat tersebut juga menjualnya dengan harga
yang juga terjangkau, dan kedua kondisi tersebut dapat dipenuhi oleh toko ritel
Alfamart.
Keempat,
kedua-duanya memenuhi kebutuhan kita. Sepakbola memberikan kepuasan bagi dahaga
jiwa manusia akan hiburan yang sportif, yang mewakili dan melambangkan
kesosialan manusia, tapi juga sekaligus tetap menyenangkan dan memicu
adrenalin. Sedangkan Alfamart memberikan solusi bagi kebutuhan pokok kita
sehari-hari dengan menyediakan berbagai komoditas bahan-bahan makanan, pakaian,
perlengkapan mandi, peralatan rumah tangga, obat-obatan dan suplemen (seperti vitamin
atau minuman penyegar), pulsa telepon selular, dan sebagainya.
Kelima,
karena keempat kesamaan di atas, maka baik sepakbola maupun Alfamart sama-sama
dicintai oleh begitu banyak orang Indonesia!
Satu
lagi kesamaan antara sepakbola dengan Alfamart adalah Piala Dunia FIFA 2014 di
Brazil.
Lho?!
Kok bisa?! Apa hubungannya Piala Dunia Brazil 2014 dengan Alfamart? Kalau dengan
sepakbola, ya tentu saja ada hubungannya! Lha wong Piala Dunia itu ajang kompetisi sepakbola tertinggi di dunia,
di mana 32 (tiga puluh dua) negara yang lolos babak kualifikasi dari seluruh
dunia akan bertanding dalam putaran final selama sebulan penuh!
Nah,
untuk Piala Dunia tahun 2014 ini, ritel Alfamart
berhasil secara resmi menjadi rekanan FIFA (official licensed) dalam hal penjualan segala barang pernak-pernik seperti suvenir atau
barang pecah-belah lainnya (merchandise)
yang berkaitan dengan atau bertemakan Piala Dunia 2014. Tentu, bagi Alfamart, official licensed merhandise Piala Dunia 2014 adalah status yang bergengsi,
sebuah kepercayaan yang tidak sembarangan tentunya. Apakah FIFA melihat
Alfamart memiliki kelima kesamaan di atas dengan sepakbola? Entahlah. Yang pasti,
jika kita adalah orang yang “memiliki ketergantungan” pada Alfamart dan juga menggilai
sepakbola sehingga amat sangat antusias menantikan dan menyambut Piala Dunia
2014, tentu kita akan bergairah setiap kali berbelanja di Alfamart!
Bagaimana
tidak! Pertama, begitu masuk toko Alfamart di manapun, kita sudah bisa “mencium
aroma” Piala Dunia. Nuansa World Cup
Brazil 2014 di Alfamart begitu kental. Dalam beberapa kesempatan dan gerai,
para pegawai Alfamart mengenakan salah satu kostum atau jersey dari ketujuh negara (Argentina, Brazil, Inggris, Jerman,
Belanda, Italia, dan Spanyol) finalis Piala Dunia 2014 yang mewakili para finalis
lainnya di Alfamart.
Kedua,
di meja kasir ketika baru masuk pintu saja, kita sudah bisa melihat-lihat,
memilih-milih, dan kemudian juga membeli beberapa merchandise Piala Dunia Brazil di toko Alfamart. Merchandise-merchandise Piala Dunia Brazil di toko Alfamart
menggambarkan simbol-simbol dari ketujuh negara tersebut. Jenis merchandise Piala Dunia Brazil yang dijual di toko Alfamart itu
adalah key chain atau gantungan
kunci (dibandrol Rp19.900,00 per buah), lunch
box atau kotak bekal makanan (Rp19.900,00), premium glass atau gelas cantik (Rp21.900,00), ceramic mug atau cangkir/mug keramik (Rp24.900,00), sport bottle atau botol bekal minuman untuk
saat berolahraga (Rp19.900,00), tumbler
country atau wadah pencampur/pengocok minuman (Rp29.900,00), towel atau handuk (Rp39.900,00), flip-flop atau sandal jepit (Rp49.900,00),
school box atau kotak perkakas
sekolah (Rp54.900,00), dan tin coin
atau celengan koin (Rp16.900,00).
Terakhir,
bukan itu saja. Kita juga bahkan bisa belanja
baju sepakbola di Alfamart! Mulai dari cap
atau topi yang dijual seharga Rp54.900,00 satunya, children t-shirt atau kaos untuk anak-anak yang dibandrol
Rp74.900,00 sehelai, sampai adult t-shirt
atau kaos untuk orang dewasa yang bernilai Rp94.900,00 per kaos, dapat kita
peroleh dengan mudah di seluruh toko Alfamart. Bahkan, soccer ball atau bola untuk sepakbola pun ada, bisa kita beli
dengan harga Rp99.900,00!
Semuanya berlogokan bendera dari ketujuh negara finalis Piala Dunia 2014 di Brazil itu.
Semuanya berlogokan bendera dari ketujuh negara finalis Piala Dunia 2014 di Brazil itu.
Tidak
ada yang lebih membahagiakan ketimbang bergabungnya dua atau lebih hal yang paling
kita butuhkan dan yang paling dekat dengan keseharian dan kehidupan kita. Jadi,
kita, yang mencintai sepakbola dan selalu mengandalkan Alfamart untuk
mendapatkan kebutuhan pokok harian kita, pasti akan berbahagia berbelanja di
Alfamart pada hari-hari ini. Alfamart, official licensed merchandise Piala Dunia
2014!
Kita bisa mengunjungi http://www.alfamartku.com untuk lebih mengenal Alfamart dan nuansa World Cup Brazil 2014 di Alfamart.
Kita bisa mengunjungi http://www.alfamartku.com untuk lebih mengenal Alfamart dan nuansa World Cup Brazil 2014 di Alfamart.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar