Jumat, 07 Juni 2013

Sukses Berbisnis dengan Memanfaatkan Jasa Konsultan Marketing

Pebisnis yang baik selalu mempersiapkan perencanaan dan strategi yang jitu sebelum memulai langkah riil di lapangan. Pasalnya, pebisnis itu bukanlah seperti pedagang, cuma memproduksi barang dan kemudian menjualnya, tanpa pemikiran dan pertimbangan matang demi kemajuan dan kelanggengan bisnis.

Menurut Veronica Ratna Ningrum, wanita konsultan marketing yang namanya kian berkibar di media massa dan di situs agensi naskah Indsript Creative, terutama karena profil dan tulisan-tulisannya dimuat di sub-bagian Personal Branding Agency, kesuksesan bisnis, terutama dalam hal penjualan, membutuhkan strategi dan planning yang matang secara menyeluruh. Pada titik inilah pebisnis memerlukan bantuan seorang konsultan marketing.

Kendati lebih banyak bergerak di balik layar, pekerjaan konsultan marketing sangat berperan dalam kesuksesan bisnis. Menyadari hal tersebut, Veronica terus berupaya mengaktualkan keilmuannya, mengikuti perkembangan Ilmu Ekonomi, terutama dalam bidang Manajemen dan Bisnis, supaya tidak ketinggalan zaman. Dengan begitu, ia bisa tetap memberikan yang terbaik untuk kliennya. Alhasil, kegigihan wanita ini membuahkan kepercayaan dari banyak lembaga perbankan besar nasional dan asing yang memakai jasanya.

Memangnya, apa saja peran konsultan marketing itu? Dalam semua tahap yang dilalui sebuah bisnis, mulai dari proses produksi sampai dengan proses pemasaran.

Dalam tahap paling awal, waktu produk akan dan sedang diproduksi, konsultan memberi pengarahan kepada pebisnis dalam menentukan desain bentuk dan kemasan produk, sebab kedua hal tersebut penting sekali dalam menarik minat konsumen. Selain itu, konsultan marketing mengadakan studi dan riset mendalam mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan konsumen, contohnya apa yang diinginkan dan dibutuhkan banyak orang, tipe-tipe konsumen berikut selera masing-masing, dan segmentasi pasar. Selanjutnya, hasilnya diajukan sebagai masukan bagi pebisnis dalam merancang produk.

Ketika memasuki tahap marketing, konsultan mendampingi pengusaha saat menentukan strategi marketing. Pemasaran begitu penting, karena produk sebagus apapun tidak akan laku di pasaran bilamana pemasarannya tidak memadai. Konsultan marketing akan mempelajari apa saja celah yang dapat dimanfaatkan untuk memikat konsumen sehingga produk tersebut menjadi banyak dibeli dan bahkan menjadi tren. Kemudian, barulah konsultan menyusun strategi pemasaran yang benar-benar pas, untuk selanjutnya diajukan kepada pebisnis.

Di samping mendampingi pebisnis, konsultan marketing juga berfungsi sebagai think-tanker, memberi gagasan-gagasan baru dalam hal menjalankan roda bisnis, mengenai kemungkinan pengembangan dan diversifikasi produk, berkaitan cara-cara memangkas biaya-biaya yang tidak perlu dalam budget belanja perusahaan, dan tentang bagaimana supaya konsumen menjadi lekat dan loyal pada produk pebisnis.

Singkatnya, jelas Veronica, pelaku dunia usaha diuntungkan dengan adanya konsultan marketing. Mereka jadinya tidak harus memikirkan banyak hal, terutama yang berhubungan dengan kemajuan dan perkembangan bisnis, karena sudah dibantu konsultan marketing selaku partner profesional.

Tidak ada komentar: