Pebisnis yang baik selalu mempersiapkan
perencanaan dan strategi yang jitu sebelum memulai langkah riil di lapangan.
Pasalnya, pebisnis itu bukanlah seperti pedagang, cuma memproduksi barang dan
kemudian menjualnya, tanpa pemikiran dan pertimbangan matang demi kemajuan dan
kelanggengan bisnis.
Menurut Veronica Ratna Ningrum, wanita konsultan
marketing yang namanya kian berkibar di media massa dan di situs agensi naskah
Indsript Creative, terutama karena profil dan tulisan-tulisannya dimuat di
sub-bagian Personal Branding Agency, kesuksesan bisnis, terutama dalam hal
penjualan, membutuhkan strategi dan planning
yang matang secara menyeluruh. Pada titik inilah pebisnis memerlukan bantuan
seorang konsultan marketing.
Kendati lebih banyak bergerak di balik layar,
pekerjaan konsultan marketing sangat berperan dalam kesuksesan bisnis.
Menyadari hal tersebut, Veronica terus berupaya mengaktualkan keilmuannya, mengikuti
perkembangan Ilmu Ekonomi, terutama dalam bidang Manajemen dan Bisnis, supaya
tidak ketinggalan zaman. Dengan begitu, ia bisa tetap memberikan yang terbaik
untuk kliennya. Alhasil, kegigihan wanita ini membuahkan kepercayaan dari
banyak lembaga perbankan besar nasional dan asing yang memakai jasanya.
Memangnya, apa saja peran konsultan marketing
itu? Dalam semua tahap yang dilalui sebuah bisnis, mulai dari proses produksi
sampai dengan proses pemasaran.
Dalam tahap paling awal, waktu produk akan dan
sedang diproduksi, konsultan memberi pengarahan kepada pebisnis dalam
menentukan desain bentuk dan kemasan produk, sebab kedua hal tersebut penting
sekali dalam menarik minat konsumen. Selain itu, konsultan marketing mengadakan
studi dan riset mendalam mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan konsumen,
contohnya apa yang diinginkan dan dibutuhkan banyak orang, tipe-tipe konsumen
berikut selera masing-masing, dan segmentasi pasar. Selanjutnya, hasilnya
diajukan sebagai masukan bagi pebisnis dalam merancang produk.
Ketika memasuki tahap marketing, konsultan mendampingi
pengusaha saat menentukan strategi marketing. Pemasaran begitu penting, karena
produk sebagus apapun tidak akan laku di pasaran bilamana pemasarannya tidak
memadai. Konsultan marketing akan mempelajari apa saja celah yang dapat
dimanfaatkan untuk memikat konsumen sehingga produk tersebut menjadi banyak
dibeli dan bahkan menjadi tren. Kemudian, barulah konsultan menyusun strategi
pemasaran yang benar-benar pas, untuk selanjutnya diajukan kepada pebisnis.
Di samping mendampingi pebisnis, konsultan
marketing juga berfungsi sebagai think-tanker,
memberi gagasan-gagasan baru dalam hal menjalankan roda bisnis, mengenai
kemungkinan pengembangan dan diversifikasi produk, berkaitan cara-cara
memangkas biaya-biaya yang tidak perlu dalam budget belanja perusahaan, dan tentang bagaimana supaya konsumen
menjadi lekat dan loyal pada produk pebisnis.
Singkatnya, jelas Veronica, pelaku dunia usaha
diuntungkan dengan adanya konsultan marketing. Mereka jadinya tidak harus
memikirkan banyak hal, terutama yang berhubungan dengan kemajuan dan
perkembangan bisnis, karena sudah dibantu konsultan marketing selaku partner profesional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar