Jumat, 07 Juni 2013

Melayani Pelanggan dengan Mengenali Mereka

Bila Anda adalah pebisnis, apakah Anda kenal siapa pelanggan utama Anda? Pengenalan ini penting sekali, karena dari situlah Anda dapat menentukan strategi pemasaran dan metode pelayanan yang tepat.

Hal inilah yang ditegaskan Veronica Ratna Ningrum, konsultan marketing, CEO PT Masterindo Multiguna, perusahaan penyedia jasa konsultasi marketing. Menurut wanita yang namanya semakin berkibar, terutama setelah dipublikasikan dalam Personal Branding Agency, sub-bagian situs agensi naskah, Indscript Creative, dengan mengenali konsumen, istimewanya konsumen utama, Anda dapat melayani dan memenuhi kebutuhan mereka dengan baik sebagai wujud pemenuhan semboyan "pelanggan adalah raja". Dan kepuasan konsumen adalah faktor yang sangat besar peranannya dalam menyukseskan usaha Anda.

Konsultan sejumlah lembaga perbankan nasional dan asing yang juga adalah lulusan Universitas Kristen Indonesia (UKI) jurusan Manajemen, yang kemudian meneruskan studinya ke Illinois, Amerika Serikat, ini merinci sejumlah karakteristik pelanggan yang mesti Anda kenali sebagai pelaku dunia usaha.
  • Segala informasi dasar mengenai sang konsumen. Informasi tersebut meliputi data pribadi singkat mereka, juga berapa kira-kira usia mereka, berapa kira-kira penghasilan mereka, di mana mereka tinggal, di mana tempat bisnis mereka, dan sebagainya. Data-data tersebut kemudian disatukan dan disimpan dalam database yang harus rapi dan teratur agar memudahkan dalam pencarian dan pemutakhiran. Jangan lupa simpan juga data-data kontak, semacam alamat dan nomor telepon/ponsel, agar Anda dapat mudah menghubungi mereka untuk tetap menjaga relasi baik serta untuk menginformasikan kepada mereka produk-produk atau hal-hal lain yang terbaru dari perusahaan Anda.
  • Apa bidang usaha mereka, bagaimana mereka mengelolanya, siapa saja rekan dan klien bisnis mereka. Informasi-informasi berharga tersebut dapat Anda manfaatkan untuk memikirkan produk atau layanan apa yang tepat yang hendak ditawarkan bagi mereka.
  • Apa yang mereka sukai, apa hobi mereka. Dengan mengenali kesukaan dan hobi mereka, Anda dapat menentukan program reward atau program lainnya yang bersifat menghadiahkan sesuatu yang cocok buat mereka. Tujuannya adalah untuk mendapatkan loyalitas mereka pada produk dan bisnis Anda.
  • Apa problema mereka. Sebagai pelaku bisnis, Anda seyogyanya bukan hanya bertindak sebagai penjual barang atau jasa saja, namun juga perlu menjadi pemberi solusi. Kalau Anda tahu benar apa yang menjadi problema pelanggan utama, Anda bisa merancang beragam produk atau program yang jitu untuk memecahkan masalah mereka.

Tidak ada komentar: